Indonesia Tercinta, Jangan Kau Terpuruk lagi! Arisan Berantai, Money Game, MLM

Perdebatan panjang yang makin menarik…

Beberapa bulan yang lalu saya memperoleh penawaran,

“Mas gabung DBS yuk…”
“Apa itu DBS?” saya balik tanya.
“Duta Business School, bisnis MLM pulsa elektrik.”
“Maksud bagaimana?”

Lalu teman saya menjelaskan MLM DBS tersebut. Seperti sebelum-sebelumnya saya belum berminat dengan MLM konvensional seperti itu. Saya berminat dengan MLM revolusioner – apakah gerangan?

Beberapa hari lalu saya kedatangan lagi teman yang membawa DBS. Dia menjelaskan tentang cara kerja DBS.

“Bagaimana dengan money game?” saya bertanya.
“DBS memang money game!” ia menegaskan.

Saya terhenyak. Lebih kaget lagi dengan kabar berikutnya.

“Setelah Agym gabung DBS, member melonjak pesat!”

Saya pikir, saya harus hati-hati.
Apakah DBS memang money game?
Apakah DBS adalah MLM?
Apakah DBS bisnis seperti layaknya bisnis yang lain?

Saya coba cari informsasi di Internet. Terjadi banyak pro – kontra terhadap DBS.

Tentu yang paling pro adalah situs resmi DBS yang banyak memberi motivasi dan harapan-harapan cemerlang.

Sedangkan ada yang kontra yang menyebutkan banyaknya kekecewaan dan penyesalan orang bergabung dengan DBS. Mereka juga menuding bahwa DBS adalah money game.

Beberapa hari lalu saya menerima sms dari orang yang tidak saya kenal,

“Perkenalkan saya xyz, Mari bergabung bisnis bersama DBS. Tanpa menjual pulsa. Dijamin sukses!”
“Hati-hati DBS adalah money game!” saya hanya menggertak. Saya berharap akan dapat jawaban yang gamblang dari member resmi DBS.
“DBS bukan money game. Karena DBS menjual pulsa. Agym saja sudah gabung.”
“Tolong ingatkan Agym agar hati-hati. Masih banyak cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Member DBS itu tidak menjawab lagi sms terakhir sama. Mungkin dia sudah tahu bahwa saya bukan prospek yang menarik.

“Oh…Indonesiaku tercinta… Jangalah terpuruk lagi!”

Bagaimana menurut Anda?

Tuliskan komentar Anda

