Ledakan Senjata Nuklir MLM Binary yang Tidak Stabil

Mengapa banyak sistem MLM binary yang dicurigai?

Sistem biner MLM memang fenomenal. Lebih menakjubkan dari skema Ponzi yang piramidnya membutuhkan kaki lebih dari 2 (umumnya). Sistem biner sangat efektif karena hanya membutuhkan 2 kaki tetapi up line meraih keuntungan dengan cepat.

Bagaimana bisa begitu? Mencurigakan? Tapi menjanjikan.

Pertama kita perlu memahami teori yang sudah pasti dalam matematika. Kita mengenal deret konvergen yang stabil dan deret divergen yang tidak stabil. Dalam kehidupan sehari-hari divergen ini dapat berarti bahwa sistem akan ambruk atau bangkrut.

Untuk memudahkan mari kita membatasi jenis deret hanya deret geometri saja. Dalam kenyataannya sistem MLM memang sering berbentuk deret geometri. Jadi, dengan mudah kita dapat menganalisisnya dengan deret geometri.

MLM yang stabil harus berbentuk deret geometri yang stabil juga. Sayangnya syarat stabil ini sulit dipenuhi oleh MLM. Karena syaratnya adalah pertumbuhannya berkurang yaitu rasio kurang dari 1. Sebagai contoh berikut adalah sistem yang stabil.

4 + 2 + 1 + 1/2 + 1/4 + 1/8 + … … … = 8.

Jika sistem deret di atas dilanjutkan sampai tak hingga maka jumlahnya tetap stabil yaitu 8. Tidak akan pernah lebih dari 8.

Tetapi MLM dan skema piramid Ponzi tidak bisa mengambil keuntungan dengan sistem stabil di atas. Maka MLM dan Ponzi haru mengambil bentuk yang sebaliknya yaitu tidak stabil.

1 + 2 + 4 + 8 + 16 + 32 + … … … = tidak stabil = tidak konvergen = sistem bangkrut

Jadi secara prinsip, sistem biner memang tidak stabil menuju ke penghancuran diri. Tentunya piramid Ponzi dengan kaki lebih dari 2 makin tidak stabil lagi dan lebih cepat kolaps atau bangkrut.

Kehancuran Ponzi jelas. Sistem biner tidak sejelas Ponzi meski akan hancur. Maka Ponzi dengan cepat membatasi diri. Artinya agar piramid Ponzi ini tidak hancur maka MLM hanya membatasi pada kedalaman terntentu. Misal bonus hanya dibagikan sampai level 7 saja atau sampai level 10 saja. Cara ini menjadikan piramid Ponzi stabil. MLM dengan model matahari atau matriks yang membatasi kedalaman level menjadi stabil.

Bagaimana dampak pembatasan ini? Dampaknya menjadikan skema yang dibatasi ini tidak menarik sistem bonusnya (compensation plan).

Sistem biner mengklaim dapat tidak harus membatasi kedalaman level. Mengapa? Karena dalam sistem biner bonus hanya dapat dibayarkan jika terjadi pasangan. Sebuah ide yang sangat cerdik! Karena tidak dibatasi kedalaman level maka pembagian bonus sangat menggiurkan bagi para anggotanya.

Apakah dengan bonus pasangan sistem menjadi stabil?

Sayangnya bonus pasangan tidak menjadikan sistem stabil. Tetapi sistem akan tetap bangkrut. Hanya saja pikiran intuitif kita seakan-akan membenarkan bahwa bonus pasangan akan stabil. Untuk terjadi pasangan perlu 2 anggota baru. Jadi perusahaan menerima pemasukan 2 anggota baru dan hanya membayarkan 1 bonus pasangan. Maka perusahaan pasti untung dan makin bertumbuh.

Perhitungan yang benar untuk bonus pasangan tidak seperti itu. Memang perlu 2 anggota baru untuk terjadi pasangan. Tetapi bukan hanya 1 bonus pasangan yang terjadi. Karena 2 anggota baru ini juga dapat berpasangan dengan anggota-anggota lainnya. Sudah bisa dibuktikan bahwa pembayaran bonus pasangan totalnya dapat lebih besar dari pendapatan perusahaan. Saatnya perusahaan bangkrut.

Pertumbuhan bonus pasangan bahkan lebih besar dari deret geometri yang tidak stabil. Akibatnya bonus pasangan lebih tidak stabil dari deret geometri yang tidak stabil itu.

Apa hubungannya dengan ledakan senjata nuklir? Bom atom, yang merupakan senjata nuklir, memiliki prinsip kerja yang sama yaitu sesuai deret geometri tidak stabil. Maka bom atom dapat meledakkan sebuah kota seperti Nagasaki dan Hirosima.

Sistem biner pun akan meledak seperti bom atom itu.

Dari sini rasa curiga masyarakat yang menuduh sistem biner sebagai money game menjadi punya alasan yang kuat.

Bukankah senjata nuklir (reaksi nuklir) dapat dikendalikan? Sehingga menghasilkan pembangkit lisrik tenaga nuklir? Jadi sistem biner juga dapat dikendalikan? Sehingga menghasilkan sistem yang stabil?

Pertanyaan yang sangat bagus! Kita akan bahas pada kesempatan berikutnya.

Bagaimana menurut Anda?

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Ledakan Senjata Nuklir MLM Binary yang Tidak Stabil

  1. Melihat sekilas system utama yang ditawarkan labakun tampaknya tidak pakai binary sehingga cenderung aman. Tapi manfaat produk dan sistem bisnis jangka panjang silakan dikaji lebih mendalam.

    Bonus sponsor 100 ribu relatif besar dibanding investasi 290 ribu. Sedangkan kedalaman level 10 ribu x 10 level = 100 ribu sebenarnya juga masih aman.

    Mengingat masih banyak bonus lain yang dibagikan sedangkan 2 bonus utama di atas sudah mengambil porsi 200 ribu dari total 290 ribu maka tersisa kurang dari 90 ribu untuk perusahaan.

    Perusahaan akan cukup sulit juga mengatur dana sisa yang kecil ini.

    Terima kasih…
    Sukses selalu…

    Like

Tuliskan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s