Rahasia Kunci Membangun Bisnis yang Kuat

Sukses bisnis barulah awal. Selanjutnya adalah membangun bisnis yang kuat tahan terhadap berbagai goncangan. Bukan hanya kuat tetapi bisnis Anda malah tumbuh dalam kondisi sulit. Bagaimana caranya?

“Karim harus putus sekolah ketika kelas 2 SMA. Bukan hanya karena orang tua Karim tidak mampu membiayai sekolah tetapi Karim harus membantu mencari nafkah untuk menghidupi tiga adiknya yang masih kecil. Karim yang hidup di sebuah kecamatan di Jawa Timur mencari pekerjaan dengan membantu tetangganya menjual bakso.

Awalnya Karim tidak dibayar. Karim hanya diberi ijin makan bakso gratis. Toh Karim memang hanya bisa membantu mencuci mangkok bakso saja. Keuletan Karim membuat majikannya tertarik untuk menjadikan Karim sebagai karyawan tetap yang mendapat gaji. Karim senang mulai dapat membantu ekonomi orang tuanya.

Barangkali keberuntungan sedang berpihak. Bisnis bakso bosnya makin berkembang dan Karim tetap rajin bekerja di warung bakso itu. Bos makin terpikat dengan cara kerja Karim yang rajin, cepat, dan ulet. Beberapa tahun setelah bekerja, Karim mendapat hadiah terbesar dari bos.

“Karim…ke sini dulu,” panggil Bos malam hari setelah tutup warung.
“Baik Pak… apa ada yang bisa saya kerjakan lagi?” tanya Karim.
“Ke sini sebentar… saya mau bicara penting sama kamu.”

Karim diam saja. Deg-degan apa yang akan dikatakan bosnya.

“Bersediakah kamu, aku nikahkan dengan putri tunggal ku?”

Gelegar…! Karim tidak bisa membuka mulut. Tidak bisa mengeluarkan sepatah kata pun. Juga tidak tahu apa yang harus dikatakan.

Singkat cerita, Karim menjadi menantu juragan bakso. Pada gilirannya, Karim mewarisi bisnis bakso itu. Bahkan Karim berhasil mengembangkan warung bakso kelas kecamatan kini menjadi bakso kelas nasional dengan jaringan waralaba. Tidak mudah bagi Karim menangani warung bakso se-Indonesia. Tapi Karim tidak punya masalah lagi dengan keuangan. Karim bisa menyekolahkan anak-anaknya lulus SMA bahkan sampai sarjana. Kini giliran anak-anaknya Karim yang akan membesarkan jaringan waralaba warung bakso dari kelas nasional melompat ke kelas yang lebih tinggi.

Apa rahasianya untuk sukses membangun bisnis? Apa kuncinya agar bisnis mampu bertahan dalam segala situasi? Apa kuncinya agar bisnis berkelanjutan?

Itulah pertanyaan yang akan kita bahas selanjutnya. Ada 3 faktor yang akan menjadikan Anda mampu membangun bisnis kuat, stabil, dan langgeng.

1) Kualitas Pribadi yang Ulet, Berpikir Terbuka, dan Maju

Pertama palinng penting adalah kualitas diri Anda sendiri. Bila seseorang memiliki pribadi yang lemah maka ia tidak akan mampu membangun bisnis yang kuat. Apa lagi tahan lama. Dukungan dana tidak akan banyak membantu. Tingkat pendidikan juga tidak banyak berguna. Kesempatan pun tidak memberi arti bagi kualitas pribadi yang lemah.

Sebaliknya, kualitas diri Anda yang kuat akan menuntun Anda meraih sukses membangun bisnis. Barangkali Anda pernah kekurangan modal. Tapi tekad yang kuat akan mencari cara mengatasi kesulitan dana itu. Dan itulah jiwa Anda sebagai seorang pengusaha.

Advertisements

Tuliskan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s